Minggu, 17 Agustus 2014

HAKIKAT DASAR MANUSIA

HAKIKAT DASAR MANUSIA


     Patut kita bertanya siapakah yang disebut pemimpin itu? Dengan polosnya kita menjawab pemimpin itu yang penguasa negara. Hal itu memang ada benarnya, tetapi definisi tersebut telalu luas. 
    Dari Ibn Umar r.a. Sesungguhnya Rasulullah Saw. Berkata :”Kalian adalah pemimpin, yang akan dimintai pertanggungjawaban. Penguasa adalah pemimpin, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Suami adalah pemimpin keluarganya, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Istri adalah pemimpin dirumah suaminya, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Pelayan adalah pemimpin dalam mengelolaharta tuannya, dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya. Oleh karena itu kalian sebagai pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.
    Dari hadits tersebut telah jelas bahwa kita semua adalah pemimpin bagi dirinya sendiri.Pemimpin untuk menjadi lebih baik dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

    "Setiap kalian adalah pemimpin. Pernyataan ini menimbulkan tiga pertanyaan besar untuk diri kita. Yang pertama, Dari mana saya berasal. Kedua, untuk apa saya diciptakan di bumi ini. Ketiga, setelah hidup saya mau ke mana. Islam menjawab tiga pertanyaan itu. Satu, kita berasal dari alam akhirat, diciptakan oleh Tuhan, yaitu Allah SWT. Kedua, kita hidup di bumi ini untuk hanya "beribadah" kepada Sang Pencipta, Allah SWT. Ketiga, Setelah melaksanakan tugas di bumi, kita kembali ke akhirat untuk mempertanggungjawabkan segala aktivitas di bumi. Akan dua pilihan hasil yang kita peroleh di akhirat, apa itu? Yaitu surga atau neraka.

    Jadi, dapat kita simpulkan bahwa hakikat manusia itu, berasal dari Allah, untuk beribadah kepada Allah, dan akan kembali kepada Allah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;